ForexSignal88.com l Jakarta, 28/02/2018

Nasdaq (Bursa Elektronik)

Nasdaq, sebuah bursa elektronik, kadang-kadang disebut "berbasis layar" karena pembeli dan penjual hanya terhubung oleh komputer melalui jaringan telekomunikasi. Market Maker, juga dikenal sebagai dealer, membawa inventaris saham mereka sendiri. Mereka siap untuk membeli dan menjual saham Nasdaq, dan mereka diminta untuk mengajukan penawaran dan meminta harga.

Nasdaq memiliki daftar dan persyaratan tata kelola yang serupa dengan NYSE. Misalnya, saham harus mempertahankan harga minimum $ 4. Jika sebuah perusahaan tidak mematuhi persyaratan ini, perusahaan tersebut dapat dihapuskan ke salah satu pasar OTC di bawah ini.

Jaringan Komunikasi Elektronik (Electronic Communication Networks / ECNs)

ECN adalah bagian dari kelas bursa yang disebut sistem perdagangan alternatif (ATS). ECNs menghubungkan pembeli dan penjual secara langsung. Karena mereka mengizinkan koneksi langsung, ECN melewati para market maker. Anda bisa menganggapnya sebagai sarana alternatif untuk memperdagangkan saham yang tercatat di Nasdaq dan semakin banyak bursa lainnya juga (seperti NYSE atau bursa luar negeri).

Ada beberapa ECN yang inovatif dan penuh kewirausahaan, dan umumnya sangat baik bagi pelanggan karena mereka menimbulkan ancaman kompetitif terhadap bursa tradisional, dan karena itu menekan biaya transaksi. Saat ini, ECN tidak benar-benar melayani investor perorangan; Mereka sebagian besar tertarik pada investor institusi.

Ada beberapa ECN, termasuk INET (hasil konsolidasi 2004 antara Instinet ECN dan Island ECN) dan Archipelago (salah satu dari empat ECN asli yang diluncurkan pada tahun 1997).

Over-the-Counter (OTC)

Over-the-counter (OTC) mengacu pada pasar selain bursa terorganisir yang dijelaskan di atas. Pasar OTC umumnya mencantumkan perusahaan kecil, dan seringkali (tapi tidak selalu) perusahaan-perusahaan ini "jatuh" ke pasar OTC karena mereka dikeluarkan dari Nasdaq.

Beberapa investor individu bahkan tidak akan mempertimbangkan untuk membeli saham OTC karena adanya risiko ekstra. Di sisi lain, beberapa perusahaan kuat berdagang dengan OTC. Sebenarnya, beberapa perusahaan kuat telah dengan sengaja beralih ke pasar OTC untuk menghindari beban administrasi dan biaya mahal yang menyertai undang-undang pengawasan peraturan seperti Sarbanes-Oxley Act.

Anda harus berhati-hati saat berinvestasi di OTC jika Anda tidak memiliki pengalaman karena beberapa saham bernilai kecil diperdagangkan melalui over-the-counter.

Sumber Gambar: financemainpage.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya