ForexSignal88.com l Jakarta, 28/02/2018 – Anda mungkin pernah mendengar istilah spread atau bid dan ask spread sebelumnya, tapi Anda mungkin tidak tahu apa maksudnya atau bagaimana mereka berhubungan dengan pasar saham. Spread bid – ask dapat mempengaruhi harga saat pembelian atau penjualan dilakukan - dan keseluruhan portofolio portofolio investor. Apa artinya ini, jika Anda ingin mencoba-coba di pasar ekuitas, Anda harus terbiasa dengan konsep ini.

Penawaran dan Permintaan

Investor harus terlebih dahulu memahami konsep penawaran dan permintaan (supply demand) sebelum mempelajari seluk beluk spread. Supply mengacu pada volume atau kelimpahan barang tertentu di pasaran, seperti persediaan saham untuk dijual. Demand mengacu pada kesediaan individu untuk membayar harga tertentu untuk barang atau saham.

Misalkan sebuah berlian ditemukan di pedesaan terpencil di Afrika oleh seorang penambang. Seorang investor mendengar tentang temuan tersebut, menelpon si penambang dan menawarkan untuk membeli berlian seharga $ 1 juta. Penambang itu mengatakan bahwa dia ingin satu atau dua hari memikirkannya. Sementara itu, surat kabar dan investor lainnya maju dan menunjukkan ketertarikan mereka. Dengan investor lain yang tertarik pada berlian, penambang tersebut bertahan seharga $ 1,1 juta dan menolak penawaran senilai $ 1 juta. Sekarang anggaplah dua pembeli potensial lainnya membuat diri mereka dikenal dan mengajukan penawaran masing-masing seharga $ 1,2 juta dan $ 1,3 juta. Harga baru yang diminta dari berlian itu akan naik.

Keesokan harinya, seorang penambang di Asia mengungkap 10 berlian lagi persis seperti yang ditemukan oleh penambang di Afrika. Akibatnya, harga dan permintaan berlian Afrika akan turun drastis karena kelimpahan berlian yang langka sekali. Contoh ini - dan konsep penawaran dan permintaan - dapat diterapkan pada saham juga.

Spread adalah selisih antara tawaran dan permintaan harga untuk keamanan tertentu.

Ukuran spread dan harga saham ditentukan oleh penawaran dan permintaan. Semakin banyak investor atau perusahaan yang ingin membeli, semakin banyak tawaran yang akan ada, sementara lebih banyak penjual akan menghasilkan lebih banyak penawaran atau permintaan.

Sumber Gambar: sweetmanager.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya