ForexSignal88.com l Jakarta, 27/02/2018 -

Bicara Angka

Leon Walras, seorang ekonom Prancis, memberi ekonomi sebuah bahasa baru dalam bukunya, Elements of Pure Economics. Walras pergi ke akar teori ekonomi dan membuat model dan teori yang mencerminkan apa yang ditemukannya di sana. Teori ekuilibrium umum berasal dari karyanya, sekaligus kecenderungan untuk mengekspresikan konsep ekonomi secara statistik dan matematis, bukan hanya dalam prosa.

Alfred Marshall mengambil model matematika ekonomi ke tingkat yang lebih baru, memperkenalkan banyak konsep yang masih belum sepenuhnya dipahami, seperti skala ekonomi, utilitas marjinal dan paradigma biaya riil.

Hampir tidak mungkin untuk mengekspos ekonomi pada kekakuan eksperimental, oleh karena itu, ekonomi berada di ujung ilmu pengetahuan. Melalui pemodelan matematika, bagaimanapun, beberapa teori ekonomi telah terbukti dapat diuji.

Ekonomi Keynesian

Ekonomi campuran John Maynard Keynes merupakan respons terhadap tuntutan yang diajukan oleh Marx bahwa masyarakat kapitalis tidak mengoreksi diri sendiri. Marx melihat ini sebagai cacat fatal, sementara Keynes melihat ini sebagai kesempatan bagi pemerintah untuk membenarkan keberadaannya. Ekonomi Keynesian adalah kode tindakan yang Federal Reserve ikuti, agar ekonomi tetap berjalan lancar.

Milton Friedman

Kebijakan ekonomi dari dua dekade terakhir semuanya memberi tanda pada karya Milton Friedman. Seiring peremajaan ekonomi AS, Friedman berpendapat bahwa pemerintah harus mulai menghapus kontrol berlebihan yang telah diterapkannya di pasar, seperti undang-undang antimonopoli.

Daripada tumbuh lebih besar pada peningkatan produk domestik bruto (PDB), Friedman berpikir bahwa pemerintah harus fokus pada konsumsi modal yang lebih sedikit sehingga lebih tetap berada di dalam sistem. Dengan lebih banyak modal dalam sistem, akan memungkinkan bagi perekonomian untuk beroperasi tanpa campur tangan pemerintah.

Pikiran ekonomi telah menyimpang menjadi dua aliran: teoritis dan praktis. Ekonomi teoritis menggunakan bahasa matematika, statistik dan pemodelan komputasi untuk menguji konsep murni yang pada gilirannya, membantu para ekonom memahami kebenaran ekonomi praktis dan membentuknya menjadi kebijakan pemerintah. Siklus bisnis, siklus boom dan bust, dan langkah-langkah anti inflasi, adalah hasil dari ekonomi. Memahami mereka membantu pasar dan pemerintah menyesuaikan diri dengan variabel-variabel ini.

Sumber Gambar: hetwebsite.net

Share This

Artikel Terkait Lainnya