ForexSignal88.com l Jakarta, 27/02/2018 - Meramu prinsip-prinsip yang diungkapkan Adam Smith mengenai kekuatan tak terlihat dan konsep lainnya sampai ke hal-hal penting, Smith percaya bahwa sebuah negara membutuhkan tiga elemen berikut untuk mewujudkan kesejahteraan universal.

Mengutamakan Kepentingan Pribadi

Smith ingin orang – orang mempraktekkan penghematan, kerja keras, dan mengutamakan kepentingan pribadi. Dia berpikir bahwa praktik mengutamakan kepentingan pribadi itu wajar bagi sebagian besar orang. Sebagai contoh, tukang daging tidak memasok daging berdasarkan niat baik hati, tapi karena dia mendapatkan keuntungan dengan menjual daging. Jika daging yang dia jual itu buruk, dia tidak akan memiliki pelanggan berulang dan dengan demikian, tidak ada keuntungan.

Oleh karena itu, adalah kepentingan si tukang daging untuk menjual daging bagus dengan harga yang sedia dibayarkan konsumen, sehingga kedua belah pihak diuntungkan dalam setiap transaksi. Smith percaya bahwa kemampuan berpikir jangka panjang akan mengekang sebagian besar bisnis dari mengkhianati pelanggan. Bila itu tidak cukup, dia memandang pemerintah untuk menegakkan hukum.

Memperluas perdagangan dengan mengutamakan kepentingan pribadi, Smith melihat bahwa berhemat dan menabung sebagai kebaikan, terutama saat tabungan digunakan untuk berinvestasi. Melalui investasi, industri ini akan memiliki modal untuk membeli lebih banyak mesin hemat tenaga kerja dan mendorong inovasi. Lompatan teknologi canggih akan meningkatkan tingkat pengembalian modal yang diinvestasikan dan meningkatkan standar hidup secara keseluruhan.

Pemerintah Terbatas

Smith melihat tanggung jawab pemerintah terbatas pada pembelaan negara, pendidikan universal, pekerjaan umum (infrastruktur seperti jalan dan jembatan), penegakan hak hukum (hak kepemilikan dan kontrak) dan hukuman kejahatan.

Pemerintah akan masuk saat orang bertindak berdasarkan kepentingan jangka pendek mereka dan akan membuat dan menerapkan undang-undang untuk melawan perampokan, penipuan, dan kejahatan serupa lainnya. Fokusnya pada pendidikan universal adalah untuk melawan efek negatif dan menumpulkan pembagian kerja yang merupakan bagian penting dari industrialisasi.

Mata Uang Kuat dan Ekonomi Pasar Bebas

Unsur ketiga yang diajukan Smith adalah mata uang kuat yang terbagi dua dengan prinsip pasar bebas. Dengan mendukung mata uang dengan logam keras, Smith berharap dapat mengurangi kemampuan pemerintah untuk mendepresiasi mata uang dengan menyebarkan (sirkulasi) lebih dari itu untuk membayar perang atau pengeluaran boros lainnya.

Dengan mata uang yang kuat yang bertindak sebagai cek untuk belanja, Smith ingin pemerintah mengikuti prinsip pasar bebas dengan menjaga agar pajak tetap rendah dan membiarkan perdagangan bebas melintasi perbatasan dengan menghilangkan tarif. Dia menunjukkan bahwa tarif dan pajak lainnya hanya berhasil membuat hidup lebih mahal bagi masyarakat sementara juga mencekik industri dan perdagangan luar negeri.

Sumber Gambar: youtube.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya