ForexSignal88.com l Jakarta, 26/02/2018 – Untuk mengendalikan biaya/tarif alami yang merusak, Smith menggunakan contoh pembuatan anggur di Skotlandia. Dia menunjukkan bahwa buah anggur yang baik bisa ditanam di Skotlandia dalam rumah kaca, tapi biaya pemanasan tambahan akan membuat anggur Skotlandia 30 kali lebih mahal daripada anggur Prancis. Jauh lebih baik, dia beralasan, akan menukar sesuatu yang dimiliki Skotlandia, seperti wol, sebagai pengganti anggur Prancis. Dengan kata lain, karena Prancis memiliki keunggulan kompetitif dalam memproduksi anggur, tarif yang ditujukan untuk menciptakan dan melindungi industri anggur dalam negeri hanya akan menghabiskan sumber daya dan biaya uang publik.

Apa yang Tidak Ada Dalam Kesejahteraan Bangasa?

"The Wealth of Nations" adalah buku seminal yang mewakili lahirnya ekonomi pasar bebas, tapi bukan tanpa kesalahan. Buku ini tidak memiliki penjelasan yang tepat untuk penetapan harga atau teori nilai, dan Smith gagal melihat pentingnya pengusaha dalam memecah inefisiensi dan menciptakan pasar baru.

Baik lawan maupun orang yang yakin dalam kapitalisme pasar bebas Adam Smith telah menambahkan kerangka kerja penyusun di "The Wealth of Nations". Seperti teori bagus lainnya, kapitalisme pasar bebas semakin kuat setiap reformulasi, baik didorong oleh penambahan teman atau serangan musuh. Utilitas marjinal, keunggulan komparatif, kewiraswastaan, teori minat waktu, teori moneter dan banyak hal lainnya telah ditambahkan ke keseluruhan sejak 1776. Masih ada pekerjaan yang harus dilakukan karena ukuran dan keterkaitan ekonomi dunia membawa hal baru dan tantangan tak terduga bagi kapitalisme pasar bebas.

Penerbitan "The Wealth of Nations" menandai lahirnya kapitalisme modern dan juga ekonomi. Anehnya, Adam Smith, piawai pasar bebas, menghabiskan tahun-tahun terakhir hidupnya sebagai Komisaris Bea Cukai, yang berarti dia bertanggung jawab untuk menegakkan semua tarif. Dia terlalu mengambil pekerjaan itu ke dalam hati dan membakar banyak bajunya saat dia tahu bahwa baju – baju itu telah banyak diselundupkan ke toko-toko dari luar negeri. Smith membalikkan pandangan kikir tentang merkantilisme dan memberi kita banyak visi dan kebebasan untuk semua. Pasar bebas yang ia bayangkan, meski belum sepenuhnya terwujud, mungkin telah berbuat lebih banyak untuk meningkatkan taraf hidup global daripada gagasan tunggal manapun dalam sejarah.

Sumber Gambar: universityofglasgowlibrary.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya