ForexSignal88.com l Jakarta, 26/02/2018 – ETF atau Exchange Traded Fund, tidak seperti reksadana, diperdagangkan seperti saham biasa di bursa efek. ETF mengalami perubahan harga sepanjang hari karena mereka dibeli dan dijual. ETF biasanya memiliki likuiditas harian yang lebih tinggi dan biaya yang lebih rendah daripada saham reksa dana, menjadikannya alternatif yang menarik bagi investor individual.

Ketika dana hasil pertukaran yang diperdagangkan (ETFs) memiliki saham yang membayar dividen, mereka mengumpulkan dividen penuh dari semua saham penyusun dan membayar dividen tersebut kepada pemegang saham ETF. Namun, dividen ini dapat didistribusikan dengan dua cara: dibayarkan uang tunai kepada investor atau investasi kembali ke dalam investasi dasar ETF. Waktu pembayaran dividen ini berada pada jadwal yang berbeda dari saham yang mendasarinya dan bervariasi tergantung pada ETF.

Waktu Pembayaran Dividen

Serupa dengan saham individual yang membayar dividen, ETF menetapkan tanggal ex-dividend, tanggal rekaman dan tanggal pembayaran. Sama seperti memiliki saham perusahaan individual, tanggal tersebut menentukan siapa yang menerima dividen dan kapan ETF membayar dividen tersebut.

Misalnya, tanggal ex-dividend untuk SPDR S & P 500 ETF (SPY) yang populer adalah hari Jumat minggu ketiga bulan terakhir dari suatu kuartal fiskal (Maret, Juni, September dan Desember). Jika hari itu kebetulan tidak menjadi hari kerja, maka tanggal ex-dividend jatuh pada hari kerja sebelumnya. Tanggal rekaman datang dua hari sebelum tanggal ex-dividend. Pada akhir setiap kuartal, SPDR S & P 500 ETF membagikan dividen.

Setiap ETF menentukan waktu untuk tanggal dividennya. Tanggal ini tercantum dalam prospektus dana, yang tersedia bagi semua investor. Sama seperti saham, harga ETF sering naik sebelum tanggal ex-dividend dan turun setelahnya, karena investor yang memiliki ETF sebelum tanggal ex-dividend menerima dividen, dan mereka yang membeli sesudahnya tidak mendapatkannya.

Dibayar Dengan Uang Tunai

SPDR S & P 500 ETF membayar dividen secara tunai. Menurut prospektus dana, SPDR S & P 500 ETF menempatkan semua dividen yang diterima dari kepemilikan sahamnya yang mendasarinya menjadi akun tanpa bunga sampai tiba saatnya untuk melakukan pembayaran. Pada akhir kuartal fiskal, ketika dividen akan dibayarkan, SPDR S & P 500 ETF menarik dividen dari rekening tanpa bunga dan mendistribusikannya secara proporsional kepada para investor.

Sumber Gambar: financialuproar.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya