ForexSignal88.com l Jakarta, 26/02/2018 – Pemegang saham ETF berhak atas proporsi keuntungan, seperti bunga yang diterima atau dividen yang dibayarkan, dan mereka mungkin mendapatkan nilai sisa jika dana tersebut dilikuidasi. Kepemilikan dana dapat dengan mudah dibeli, dijual atau ditransfer sama saja dengan saham, karena saham ETF diperdagangkan di bursa saham publik.

Beberapa ETF lainnya dapat sementara menginvestasikan kembali dividen dari saham yang mendasari ke dalam kepemilikan dana sampai tiba waktunya untuk melakukan pembayaran dividen tunai. Tentu, ini menciptakan sejumlah kecil keuntungan dalam dana, yang sedikit dapat meningkatkan kinerjanya selama pasar naik dan sedikit membahayakan kinerjanya di pasar turun.

Dividen Diinvestasikan Kembali

Manajer ETF juga mungkin memiliki pilihan untuk menginvestasikan kembali dividen investasi mereka ke ETF daripada mendistribusikan uang tunai. ETF selalu mengumpulkan dividen tunai dari semua saham penyusun dan selalu membayar dividen kepada pemegang saham ETF. Pembayaran kepada pemegang saham juga dapat dilakukan melalui re-investasi atas indeks aset dasar ETF atas nama pemegang saham. Intinya sama saja: Jika pemegang saham ETF menerima re-investasi dividen 2% dari ETF, dia mungkin akan mengubah dan menjual saham tersebut jika dia lebih memilih uang tunai.

Terkadang re-investasi ini dapat dilihat sebagai keuntungan, karena tidak membebani investor dengan biaya perdagangan untuk membeli saham tambahan melalui re-investasi dividen. Namun, setiap dividen tahunan pemegang saham akan dikenakan pajak di tahun ketika diterima, bahkan jika diterima melalui re-investasi dividen.

Pajak atas Dividen di ETF

ETF sering dipandang sebagai alternatif investasi yang lebih menguntungkan bagi reksadana dalam hal kemampuan mereka mengendalikan jumlah dan waktu pajak penghasilan kepada investor. Terutama disebabkan oleh bagaimana dan kapan keuntungan modal kena pajak di ETF dibandingkan dengan reksadana. Penting untuk dipahami bahwa memiliki ETF penghasil dividen tidak menunda pajak penghasilan yang tercipta dari dividen yang dibayarkan oleh ETF selama tahun pajak. Dividen yang dibayarkan ETF akan dikenakan pajak kepada investor pada dasarnya dengan cara yang sama seperti dividen yang dibayarkan oleh reksadana.

ETF yang Fokus pada Dividen

Meskipun ETF sering dikenal karena melacak indeks yang luas, seperti S&P500 atau Russell 2000, ada juga banyak ETF yang berfokus pada pembagian dividen. Secara historis, dividen menyumbang sekitar 40% dari total pengembalian pasar saham, dan riwayat pembayaran dividen yang kuat merupakan salah satu tanda keuntungan perusahaan yang paling tua dan paling pasti.

Sumber Gambar:stockrockandroll.com

Share This

Artikel Terkait Lainnya