ForexSignal88.com l Jakarta, 26/02/2018 – Seperti halnya penilaian manajemen risiko, selalu ada pilihan untuk tidak melakukan apa-apa, dan itulah yang dilakukan banyak orang. Namun, dalam keadaan tidak dapat diprediksi, terkadang tidak melakukan lindung nilai (hedge) adalah bencana.

Untungnya, mereka yang ingin melakukan lindung nilai atas investasi mereka terhadap risiko suku bunga memiliki banyak produk yang dapat dipilih.

Produk Investasi

Forward

Kontrak forward adalah produk manajemen tingkat bunga paling dasar. Idenya sederhana, dan banyak produk lain yang dibahas dalam artikel ini didasarkan pada gagasan kesepakatan hari ini untuk pertukaran sesuatu pada tanggal yang pasti di masa depan.

Forward Rate Agreements (FRAs)

FRA didasarkan pada gagasan kontrak forward, di mana determinan (penentu) keuntungan atau kerugian adalah tingkat suku bunga. Berdasarkan perjanjian ini, satu pihak membayar tingkat bunga tetap dan menerima tingkat bunga mengambang sebesar tingkat referensi. Pembayaran sebenarnya dihitung berdasarkan nilai pokok nosional dan dibayar pada interval yang ditentukan oleh para pihak. Hanya pembayaran bersih yang dibuat. FRA selalu dibayar tunai.

Pengguna FRA biasanya adalah peminjam atau pemberi pinjaman dengan satu masa depan di mana mereka terkena risiko suku bunga. Serangkaian FRA serupa dengan swap. Namun, dalam sebuah swap semua pembayaran berada pada tingkat yang sama. Setiap FRA dalam satu seri dibanderol dengan harga yang berbeda, kecuali struktur penyusunnya datar.

Futures

Kontrak futures serupa dengan forward, namun memberikan pihak lawan dengan risiko lebih rendah daripada kontrak forward, yaitu berkurangnya risiko default dan likuiditas karena masuknya perantara (broker).

Swap

Sama seperti kedengarannya, swap adalah pertukaran. Lebih khusus lagi, tingkat suku bunga swap terlihat sangat mirip dengan kombinasi FRA dan melibatkan kesepakatan antara counterparties untuk menukar set arus kas masa depan. Jenis swap suku bunga yang paling umum adalah swap vanili datar/tetap, yang melibatkan satu pihak yang membayar tingkat bunga tetap dan menerima tingkat bunga mengambang, dan pihak lainnya membayar tingkat bunga mengambang dan menerima tingkat bunga tetap.

Pilihan

Opsi merupakan salah satu manajemen resiko suku bunga. Kontrak opsi memiliki underlying security (aset dasar) yang merupakan kewajiban hutang. Instrumen ini berguna dalam melindungi pihak – pihak yang terlibat dalam pinjaman dengan tingkat bunga mengambang, seperti tingkat suku bunga yang dapat disesuaikan (ARM). Pengelompokan opsi suku bunga call disebut sebagai cap suku bunga; kombinasi opsi suku bunga put disebut sebagai floor suku bunga. Secara umum, cap seperti call dan floor seperti put.

Sumber Gambar: slideshare.net

Share This

Artikel Terkait Lainnya